CONTOH-CONTOH RUBRIK
UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Disajikandalamkegiatan workshop penilaian di
wilayahKebonJeruk Jakarta Barat
A. DefinisiRubrik
A rubric is commonly used method
for scoring, evaluating and grading a performance assessment. It is simply a
list of the specific standards to which students will be held accountable
(Blaz, 1001, p. 23)
B. Kriteriarubrik
yang baik
1. Clear
:
It will clearly define what is excellent,
good or poor work.
2. Democratic:
Consistent guidelines understood by both students and teacher. Students
also have a voice in determining and defining the standards.
3. Involving:
Students
should always be involved in creating the rubric, as well as self or peer
assessment.
4. Engaging:
Having rubric to look at will encourage students to evaluate their own
work and strive for excellence.
C. Contoh-contohrubrickuntukpelajaranbahasaInggris.
1. RUBRIK
PENSKORAN SPEAKING (DIALOG DAN MONOLOGUE)
Guru dapat menggunakan
rubrik penilaian untuk kemampuan berbicara seperti berikut:
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
LAFAL
|
4
3
2
1
|
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat
dideteksi
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa
dipahami
|
TATA BAHASA
|
4
3
2
1
|
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi
makna
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa
dipahami
|
KOSAKATA
|
4
3
2
1
|
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat
sehingga harus menjelaskan lagi
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak
mungkin terjadi
|
KELANCARAN
|
4
3
2
1
|
Sangat lancar.
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan
bahasa
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi.
|
Pedoman
Penilaian speaking:
·
Jumlah
skor maksimal per siswa: 16.
·
Nilai
siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan denganjumlah skor
maksimal 16 dikali 100.
Misal siswa A mendapat skor 12, maka nilainya adalah 12/16 x 100= 75
2. RUBRIK
PENSKORAN WRITING (Short Functional Text dan essay texts)
2.1 Guru dapat menggunakan rubrik penilaian untuk kemampuan
menulis seperti berikut:
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Tata Bahasa dan
Vocbulary
|
4
|
Benardantepat
|
3
|
Terkadangkurangtepattapitidakmempengaruhiarti
|
||
2
|
Kurangtepatdanmempengaruhiarti
|
||
1
|
Sulitdimengerti
|
||
0
|
Tidak menulis
|
||
2
|
Manajemen Wacana
|
4
|
Berstruktursesuaijenistekssecaramaksimal
|
3
|
Berstruktur minimal
sesuaijenisteks
|
||
2
|
Pilihantekstidakjelas
|
||
1
|
Tidakberstrukturdansulitdipahami
|
||
0
|
Tidakberstrukturdantidakbermakna
|
||
3
|
Kejelasan Makna
|
4
|
Jelasdanefektif
|
3
|
Jelas
|
||
2
|
Bermaknatapiterkadangkurangjelas
|
||
1
|
Bermaknatapisulitdipahami
|
||
0
|
Menulisacaksehinggamaknahilang
|
||
4
|
Hubungan antar gagasan
|
4
|
Menunjukkankelancaranhubungan
|
3
|
Menunjukkantransisihubunganantargagasan
|
||
2
|
Kurangjelas
|
||
1
|
Kurangjelas
|
||
0
|
Kacau
|
Pedoman
Penilaian writing:
·
Jumlah
skor maksimal per siswa: 16.
·
Nilai
siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan denganskor maksimal 16
dikali 100.
Misal siswa B mendapat skor 14, maka nilainya adalah 14/16 x 100=
87,5
2.2 Contoh
lain (misaluntukmenulisdescriptive text)
Perform-anceArea
|
Rating = 4
|
Rating =3
|
Rating = 2
|
Rating = 1
|
Score
|
Content
|
The
object is well described giving readers very clear picture/ description about
the object
|
The
object is adequately described giving readers sufficient picture/ description
about the object
|
The object is less sufficiently
described giving readers incomplete picture/ description about the object
|
The object is poorly described failing
to give readers picture/ description
about the object
|
|
Organiza-tion
|
Description starts with identification
of object which is supported with relevant supporting sentences
|
Description may or may not start with
identification of object and some of the supporting sentences are not
relevant
|
Description may or may not start with
identification of object and many of the supporting sentences are irrelevant
|
Description has no clear organization
and most of the sentences are irrelevant
|
|
Grammar
|
There is almost no error in the use of
subject verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase
|
There are few errors in the use of
subject verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase
|
There are many errors in the use of
subject verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase
|
Almost all sentences contain errors in
subject-verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase
|
|
Vocabu-lary
|
There is a rich variety of words and
almost all of them are correctly used.
|
There is an adequate variety of words and most of them
are correctly used
|
There is only little variety of words
and many errors are found in the use of the words.
|
There is no variation of words and
most of them are incorrectly used.
|
|
Mechanics
|
There is almost no error in word
spelling, punctuation, and capitalization.
|
There are few errors in word spelling,
punctuation, and capitalization.
|
There are many errors in word
spelling, punctuation, and capitalization.
|
Almost all sentences contain errors in
word spelling, punctuation, and capitalization.
|
|
Total
|
|
2.3 Contohrubrikuntuksoalmelengkapi
dialog
Read
the dialogue and complete it with the correct expression
Tom : Excuse me, … .
Ruth : Yes, please. How can I get to the bank
near here?
Tom : Go straight until the junction. Then turn
right. The bank is at the corner.
Ruth : Thank you
No
|
KuncidanKriteriapenskoran
|
Skor
|
|
Kuncijawabansoal:
Can I help you? / Do you need any help?
|
|
1
|
Jikamakna, struktur, ejaandantandabacabenar
|
4
|
2
|
Jikasatudariempatkemungkinanjawabansalah
|
3
|
3
|
Jikaduadariempatkemungkinanjawabansalah
|
2
|
4
|
Jikatigadariempatkemungkinanjawabansalah
|
1
|
5
|
Jikaempatkemungkinanjawabansalah/
tidakdijawab
|
0
|
2.4 Contohrubrikuntuksoalmenyusunkalimatmenjadi
paragraph sebagaiberikut:
Indikator
|
Skor
|
Bilasiswamenulis:
1.
5 kalimatdenganurutansesuaiprosedur,
menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
2.
4 kalimatdenganurutansesuaiprosedur,
menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
3.
3 kalimatdenganurutansesuaiprosedur,
menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
4.
2 kalimatdenganurutansesuaiprosedur,
menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
5.
1 kalimatdenganurutansesuaiprosedur,
menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
6.
Yang
tidaksesuai/tidakberkaitandenganproseduratautidakdijawab
|
10
8
6
4
2
0
|
Note:
Bilasoalmenyusunkalimatmenjadi
paragraph inidianggapsoal PG, makarubriknyaakansamadenganrubrikuntuksoal PG
denganketentuanbilabenardiberiskor 1 dansalah 0.
2.5 Contohuntuksuratdanteksfungsionallainnya.
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Ketepatanisijawabandengantema
|
Sangattepat
|
4
|
Tepat
|
3
|
||
Cukuptepat
|
2
|
||
Kurangtepat
|
1
|
||
Tidaktepat/ tidakdijawab
|
0
|
||
2
|
Strukturkalimatjawaban
|
Sangattepat
|
4
|
Tepat
|
3
|
||
Cukuptepat
|
2
|
||
Kurangtepat
|
1
|
||
Tidaktepat/ tidakdijawab
|
0
|
||
3
|
Koherensiantarkalimat/urutankalimat
|
Sangattepat
|
4
|
Tepat
|
3
|
||
Cukuptepat
|
2
|
||
Kurangtepat
|
1
|
||
Tidaktepat/ tidakdijawab
|
0
|
||
4
|
Kosakata/ketepatanpenggunaanistilah
|
Sangattepat
|
4
|
Tepat
|
3
|
||
Cukuptepat
|
2
|
||
Kurangtepat
|
1
|
||
Tidaktepat/ tidakdijawab
|
0
|
||
5
|
Ejaandantandabaca
|
Sangattepat
|
4
|
Tepat
|
3
|
||
Cukuptepat
|
2
|
||
Kurangtepat
|
1
|
||
Tidaktepat/ tidakdijawab
|
0
|
3. PENSKORAN
READING
3.1 UntukSoalPilihanGandaatausoalobjektiflainnya:
Setiapjawabansoalbetuldiberiskor
1
Sedangkansetiapjawabansoalsalahdiberiskor
0
3.2 Untuksoalesei
3.2.1
Hal-halpentinguntuksoalesei:
·
Untuksoalbentukuraian non
objektifskordijabarkandalamrentang.
·
Rentangmenunjukkanskor minimum sampaidenganmaksimum
(misal 0-4). BesarnyarentangtergantungbanyaknyaKATA KUNCI yang
dituntutuntukmenjawabsoaltersebut.
·
Dalamsoaluraianperludiperhatikanpembobotansoal.
Bobotsoaladalahbesarnyaangka yang
ditetapkanuntuksetiapsoaldalamperbandingan(ratio)
denganbutirsoallainnyadalamsatuperangkattes.
·
Besarkecilnyabobotsoaldidasarkanatastingkatkerumitanjawaban
yang dituntutsuatusoal.
·
Tetapkanbobotsuatusoaldenganmembandingkankompleksitasjawabansatusoaldengansoal
yang lainnya.
3.2.2
Contohpengolahansoalesei:
|
SOAL
|
|||||
Soal
|
1
|
2
|
3
|
|||
Bobot
|
20
|
30
|
50
|
|||
Skormaksimalpersoal
|
10
|
8
|
12
|
|||
Skorsiswa
|
Rina
|
8
|
7
|
8
|
||
Fedro
|
7
|
6
|
9
|
|||
|
Perhitungannilaisiswa
|
|||||
Nilaitiapsoal
|
Rina
|
8/10x20=16
|
7/8x30=26,25
|
8/12x50=33,33
|
||
|
Fedro
|
7/10x20=14
|
6/8x30=22,50
|
9/12x50=37,50
|
||
|
Perhitungannilaiakhirsiswa
|
|||||
Nilaiakhirsiswa
|
Rina
|
16 + 26,25 +
33,33= 75,58
|
||||
Fedro
|
14
+ 22,50 + 37,50= 74
|
|||||
3.3 Reading
aloud
3.3.1
Rubrik penilaian
membaca nyaring:
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
LAFAL
|
4
|
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
|
3
|
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu masihdapat dideteksi
|
|
2
|
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
|
|
1
|
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa
dipahami
|
|
INTONASI
|
4
|
Tidak ada atau sedikit kesalahan intonasi
|
3
|
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi
makna
|
|
2
|
Sering membuat kesalahan intonasisehingga makna berubah.
|
|
1
|
Kesalahan intonasi sangat parah sehingga mengubahmakna
|
|
STRESS
|
4
|
Memberikan stress pada kata-kata yang tepat
|
3
|
Kadang-kadang memberikan stress yang kurang tepat
|
|
2
|
Sering memberikan stress yang tidak tepat
|
|
1
|
Selalumemberikan
stress kata-kata dengantidaktepat
|
|
KELANCARAN
|
4
|
Sangat lancar.
|
3
|
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
|
|
2
|
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan
bahasa
|
|
1
|
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi.
|
|
PAUSE
|
4
|
Membuat pause pada
kata-katadalamkalimatdengan tepat
|
3
|
Kadang-kadang memberikan pause yang kurang tepat
|
|
2
|
Sering memberikan pause yang tidak tepat
|
|
1
|
Selalumemberikan
pause pada kata-kata dengantidaktepat
|
3.3.2
Penilaian hasil belajar siswa
·
Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai
perolehan dibagi 20 dikali 100.
4. PENSKORAN
LISTENING
Rubrikuntukpenilaiansoal
listening samadenganpenilaianuntuk reading seperti yang telahdijelaskan di
atas. Bilabentuknya PG makamengikutiaturanmenskor PG,
demikianjugabilabentuksoalnyaesei, makapenskorandanpenilaiannyasepertiuntuksoalesei.
5. RUBRIK
PENSKORAN PROJECT
Berikutadalahcontohrubrikuntukproyek
No
|
Aspek
|
Skor (1-4)
|
1
|
PERENCANAAN
a.
Persiapan
b.
Rumusanjudul
|
|
2
|
PELAKSANAAN
a.
Sistimatikapenulisan
b.
Keakuratan data/informasi
c.
Kualitas data
d.
Analisis data
e.
Penarikankesimpulan
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK
a.
Tampilan
b.
Presentasi/penguasaan
|
|
TOTAL SKOR
|
|
6. RUBRIK
PENSKORAN UNTUK PORTOFOLIO
Berikutadalahcontohrubrikuntukpenilaianportofolio
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skormaksimal
|
Skorperolehan
|
1
|
Kelengkapanisiportofolio
|
|
|
2
|
Kemampuanmenjelaskanisiportofolio
|
|
|
3
|
Usaha siswauntukmenyusunportofolio
|
|
|
4
|
KomPetensi yang berkembang
|
|
|
|
Total skor
|
|
|
No comments:
Post a Comment