Wednesday, June 11, 2014

CONTOH RUBRIK PELAJAFRAN BAHASA INGGRIS

CONTOH-CONTOH RUBRIK
UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Disajikandalamkegiatan workshop penilaian di wilayahKebonJeruk Jakarta Barat


A.    DefinisiRubrik
A rubric is commonly used method for scoring, evaluating and grading a performance assessment. It is simply a list of the specific standards to which students will be held accountable (Blaz, 1001, p. 23)

B.     Kriteriarubrik yang baik
1.      Clear :
      It will clearly define what is excellent, good or poor work.
2.      Democratic:
      Consistent guidelines understood by both students and teacher. Students also have a voice in determining and defining the standards.
3.      Involving:
Students should always be involved in creating the rubric, as well as self or peer assessment.
4.      Engaging:
       Having rubric to look at will encourage students to evaluate their own work and strive for   excellence.

C.     Contoh-contohrubrickuntukpelajaranbahasaInggris.

1.      RUBRIK PENSKORAN SPEAKING (DIALOG DAN MONOLOGUE)
       Guru dapat menggunakan rubrik penilaian untuk kemampuan berbicara seperti berikut:

ASPEK
SKOR
KETERANGAN

LAFAL
4
3

2

1
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami

TATA BAHASA
4
3

2

1
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami

KOSAKATA
4
3

2
1
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi

KELANCARAN
4
3
2

1
Sangat lancar.
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.

Pedoman Penilaian speaking:
·         Jumlah skor maksimal per siswa: 16.
·         Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan denganjumlah skor maksimal 16 dikali 100.
Misal siswa A mendapat skor  12, maka nilainya adalah  12/16 x 100= 75

2.      RUBRIK PENSKORAN WRITING (Short Functional Text dan essay texts)
2.1  Guru dapat menggunakan rubrik penilaian untuk kemampuan menulis seperti berikut:

No
Aspek
Skor
Keterangan
1
Tata Bahasa dan
Vocbulary
4
Benardantepat
3
Terkadangkurangtepattapitidakmempengaruhiarti
2
Kurangtepatdanmempengaruhiarti
1
Sulitdimengerti
0
Tidak menulis
2
Manajemen Wacana
4
Berstruktursesuaijenistekssecaramaksimal
3
Berstruktur minimal sesuaijenisteks
2
Pilihantekstidakjelas
1
Tidakberstrukturdansulitdipahami
0
Tidakberstrukturdantidakbermakna
3
Kejelasan Makna
4
Jelasdanefektif
3
Jelas
2
Bermaknatapiterkadangkurangjelas
1
Bermaknatapisulitdipahami
0
Menulisacaksehinggamaknahilang
4
Hubungan antar gagasanu
4
Menunjukkankelancaranhubungan
3
Menunjukkantransisihubunganantargagasan
2
Kurangjelas
1
Kurangjelas
0
Kacau

Pedoman Penilaian writing:
·         Jumlah skor maksimal per siswa: 16.
·         Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan denganskor maksimal 16 dikali 100.
Misal siswa B mendapat skor  14, maka nilainya adalah  14/16 x 100=  87,5

2.2  Contoh lain (misaluntukmenulisdescriptive text)

Perform-anceArea
Rating = 4
Rating =3
Rating = 2
Rating = 1
Score
Content
The object is well described giving readers very clear picture/ description about the object
The object is adequately described giving readers sufficient picture/ description about the object
The object is less sufficiently described giving readers incomplete picture/ description about the object
The object is poorly described failing to give readers  picture/ description about the object

Organiza-tion
Description starts with identification of object which is supported with relevant supporting sentences
Description may or may not start with identification of object and some of the supporting sentences are not relevant
Description may or may not start with identification of object and many of the supporting sentences are irrelevant
Description has no clear organization and most of the sentences are irrelevant

Grammar
There is almost no error in the use of subject verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase
There are few errors in the use of subject verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase
There are many errors in the use of subject verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase
Almost all sentences contain errors in subject-verb agreement, present tense, adjective, and noun phrase

Vocabu-lary
There is a rich variety of words and almost all of them are correctly used.
There is an  adequate variety of words and most of them are correctly used
There is only little variety of words and many errors are found in the use of the words.
There is no variation of words and most of them are incorrectly used.

Mechanics
There is almost no error in word spelling, punctuation, and capitalization.
There are few errors in word spelling, punctuation, and capitalization.
There are many errors in word spelling, punctuation, and capitalization.
Almost all sentences contain errors in word spelling, punctuation, and capitalization.

Total


2.3  Contohrubrikuntuksoalmelengkapi dialog

Read the dialogue and complete it with the correct expression
Tom     : Excuse me, … .
Ruth    : Yes, please. How can I get to the bank near here?
Tom     : Go straight until the junction. Then turn right. The bank is at the corner.
Ruth    : Thank you


No

KuncidanKriteriapenskoran

Skor


Kuncijawabansoal:
Can I help you? / Do you need any help?

1
Jikamakna, struktur, ejaandantandabacabenar
4
2
Jikasatudariempatkemungkinanjawabansalah
3
3
Jikaduadariempatkemungkinanjawabansalah
2
4
Jikatigadariempatkemungkinanjawabansalah
1
5
Jikaempatkemungkinanjawabansalah/ tidakdijawab
0




2.4  Contohrubrikuntuksoalmenyusunkalimatmenjadi paragraph sebagaiberikut:

Indikator
Skor

Bilasiswamenulis:
1.      5 kalimatdenganurutansesuaiprosedur, menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
2.      4 kalimatdenganurutansesuaiprosedur, menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
3.      3 kalimatdenganurutansesuaiprosedur, menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
4.      2 kalimatdenganurutansesuaiprosedur, menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
5.      1 kalimatdenganurutansesuaiprosedur, menggunakantatabahasadanejaan yang benar.
6.      Yang tidaksesuai/tidakberkaitandenganproseduratautidakdijawab



10

8

6

4

2

0

Note:
Bilasoalmenyusunkalimatmenjadi paragraph inidianggapsoal PG, makarubriknyaakansamadenganrubrikuntuksoal PG denganketentuanbilabenardiberiskor 1 dansalah 0.

2.5  Contohuntuksuratdanteksfungsionallainnya.

No
Aspek
Indikator
Skor
1
Ketepatanisijawabandengantema
Sangattepat
4
Tepat
3
Cukuptepat
2
Kurangtepat
1
Tidaktepat/ tidakdijawab
0
2
Strukturkalimatjawaban
Sangattepat
4
Tepat
3
Cukuptepat
2
Kurangtepat
1
Tidaktepat/ tidakdijawab
0

3
Koherensiantarkalimat/urutankalimat
Sangattepat
4
Tepat
3
Cukuptepat
2
Kurangtepat
1
Tidaktepat/ tidakdijawab
0

4
Kosakata/ketepatanpenggunaanistilah
Sangattepat
4
Tepat
3
Cukuptepat
2
Kurangtepat
1
Tidaktepat/ tidakdijawab
0

5
Ejaandantandabaca
Sangattepat
4
Tepat
3
Cukuptepat
2
Kurangtepat
1
Tidaktepat/ tidakdijawab
0

3.      PENSKORAN READING
3.1  UntukSoalPilihanGandaatausoalobjektiflainnya:
Setiapjawabansoalbetuldiberiskor 1
Sedangkansetiapjawabansoalsalahdiberiskor 0

3.2  Untuksoalesei
3.2.1 Hal-halpentinguntuksoalesei:
·         Untuksoalbentukuraian non objektifskordijabarkandalamrentang.
·         Rentangmenunjukkanskor minimum sampaidenganmaksimum (misal 0-4). BesarnyarentangtergantungbanyaknyaKATA KUNCI yang dituntutuntukmenjawabsoaltersebut.
·         Dalamsoaluraianperludiperhatikanpembobotansoal. Bobotsoaladalahbesarnyaangka yang ditetapkanuntuksetiapsoaldalamperbandingan(ratio) denganbutirsoallainnyadalamsatuperangkattes.
·         Besarkecilnyabobotsoaldidasarkanatastingkatkerumitanjawaban yang dituntutsuatusoal.
·         Tetapkanbobotsuatusoaldenganmembandingkankompleksitasjawabansatusoaldengansoal yang lainnya.

3.2.2 Contohpengolahansoalesei:


SOAL
Soal
1
2
3
Bobot
20
30
50
Skormaksimalpersoal
10
8
12
Skorsiswa
Rina
8
7
8
Fedro
7
6
9


Perhitungannilaisiswa

Nilaitiapsoal
Rina
8/10x20=16
7/8x30=26,25
8/12x50=33,33

Fedro
7/10x20=14
6/8x30=22,50
9/12x50=37,50


Perhitungannilaiakhirsiswa

Nilaiakhirsiswa
Rina
16 + 26,25 + 33,33= 75,58
Fedro
14    + 22,50 + 37,50= 74

3.3  Reading aloud

3.3.1        Rubrik penilaian membaca nyaring:

ASPEK
SKOR
KETERANGAN

LAFAL

4
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
3
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu masihdapat dideteksi
2
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
1
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
INTONASI
4
Tidak ada atau sedikit kesalahan intonasi
3
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
2
Sering membuat kesalahan intonasisehingga makna berubah.
1
Kesalahan intonasi sangat parah sehingga mengubahmakna
STRESS
4
Memberikan stress pada kata-kata yang tepat
3
Kadang-kadang memberikan stress yang kurang tepat
2
Sering memberikan stress yang tidak tepat
1
Selalumemberikan stress kata-kata dengantidaktepat


KELANCARAN
4
Sangat lancar.
3
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
2
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
1
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
PAUSE
4
Membuat pause pada kata-katadalamkalimatdengan tepat
3
Kadang-kadang memberikan pause yang kurang tepat
2
Sering memberikan pause yang tidak tepat
1
Selalumemberikan pause pada kata-kata dengantidaktepat

3.3.2        Penilaian hasil belajar siswa
·         Nilai siswa diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan dibagi 20 dikali 100.

4.      PENSKORAN LISTENING
Rubrikuntukpenilaiansoal listening samadenganpenilaianuntuk reading seperti yang telahdijelaskan di atas. Bilabentuknya PG makamengikutiaturanmenskor PG, demikianjugabilabentuksoalnyaesei, makapenskorandanpenilaiannyasepertiuntuksoalesei.

5.      RUBRIK PENSKORAN PROJECT
Berikutadalahcontohrubrikuntukproyek

No
Aspek
Skor (1-4)

1

PERENCANAAN
a.       Persiapan
b.      Rumusanjudul



2

PELAKSANAAN
a.       Sistimatikapenulisan
b.      Keakuratan data/informasi
c.       Kualitas data
d.      Analisis data
e.       Penarikankesimpulan


3

LAPORAN PROYEK

a.       Tampilan
b.      Presentasi/penguasaan



TOTAL SKOR



6.      RUBRIK PENSKORAN UNTUK PORTOFOLIO
Berikutadalahcontohrubrikuntukpenilaianportofolio

No
Aspek yang dinilai
Skormaksimal
Skorperolehan

1

Kelengkapanisiportofolio




2

Kemampuanmenjelaskanisiportofolio




3

Usaha siswauntukmenyusunportofolio




4

KomPetensi yang berkembang





Total skor





No comments:

Post a Comment